Updated : Aug 29, 2020 in Lifestyle

Manakah lebih baik “Cetak Offset atau Digital Print”?

Perkembangan penggunaan digital printing mengalami kemajuan pesat dalam persaingan dengan sistem cetak offset. Pemahaman tentang keuntungan dan kerugian menggunakan pencetakan digital dan cetak offset sangat penting dalam membuat pilihan yang tepat. Nah untuk anda yang membutuhkan jasa Offset Printing semoga bisa memberikan pengetahuan.

Offset Printing

Ini adalah cara mencetak dalam jumlah banyak dan umumnya dilakukan untuk tujuan komersial. Ciri khusus dari cetak offset adalah membutuhkan penggunaan Pelat Film dan Percetakan (plat alumunium) yang nantinya akan digunakan sebagai penunjang pemindahan dokumen yang akan dicetak pada permukaan kertas, plastik, dll dan dokumen yang akan dicetak. cetakan diisi dengan tinta dari gulungan mesin.

Cetak offset cukup mahal jika jumlah cetakan termasuk dalam kategori rendah, karena pencetakan offset membutuhkan pelat dan film. Pelat mewakili area dokumen, warna dan tipe. Semakin banyak jenis dokumen dan warna yang digunakan, semakin tinggi biayanya. Selain pelat, harga cetak offset juga ditentukan oleh jenis kertas, campuran warna, ukuran kertas dan kualitas warna.

Keuntungan dengan pencetakan offset:

  • Hasil cetak dari segi kualitas warna jauh lebih awet (tidak cepat luntur) dibandingkan menggunakan cetak digital.
  • Harga cetak curah akan jauh lebih murah dibandingkan dengan cetak digital.
  • Dapat mencetak pada berbagai jenis permukaan kertas yang tidak dapat dilakukan dengan mesin digital, seperti dapat mencetak dengan ketebalan kertas hingga 400gr, dapat mencetak pada area motif seperti Samson, kertas timbul / terukir, kertas daur ulang, dapat mencetak pada kertas ukuran sampai 100 x 70 cm.
  • Dapat mencetak pada lembaran kertas yang relatif tipis seperti yang sering digunakan untuk Buku Nota NCR, HVS dan Dorslag
  • Anda bisa menggunakan tinta Gold, Silver dan saat mencetak dengan warna skala abu-abu hasilnya akan jauh lebih akurat daripada digital printing.
  • Dapat mencetak dengan tinta Full Block dengan hasil yang tajam dan halus. Tinta cetak blok sering digunakan untuk membuat desain tipe negatif.

Digital Printing

Pencetakan menggunakan digital printing merupakan kebalikan dari proses cetak offset, dimana metode cetak digital ini tidak membutuhkan plat dan film hingga harga tidak terukur dari bahannya. Pencetakan digital jauh lebih murah daripada pencetakan offset untuk pencetakan volume kecil. Percetakan dengan koran digital ini dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan menggunakan metode balancing.

Beberapa keunggulan dari digital printing adalah:

  • Design grafis yang anda buat bisa langsung di print sesuai dengan keinginan anda.
  • Jaminan ketajaman dan kejelasan warna gambar dan teks ditentukan oleh kualitas gambar yang Anda buat. Perlu diingat bahwa semua desain yang Anda buat harus dalam format warna CMYK.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak sangat singkat tetapi ini tergantung dari jumlah / jumlah cetakan.
  • Biaya produksi lebih murah dibandingkan metode cetak lainnya terutama untuk jumlah kecil.
  • Percetakan menggunakan digital printing merupakan metode pencetakan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan metode pencetakan lainnya karena proses pencetakan digital merupakan proses pencetakan yang paling efisien menggunakan kertas, tinta dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *