Updated : Oct 07, 2020 in Lain Lain

Kans Patahkan Dominasi Bayern Munchen

Piala Super Jerman 2020/21 menampilkan pertarungan Der Klassiker antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund di Allianz Arena pada hari Kamis pukul 1.30 pagi. Bandarqq365 mengatakan final ini memberikan kesempatan bagi Die Borussen untuk mematahkan dominasi Bayern di sepak bola Jerman.

Status Bayern sebagai kekuatan dominan di sepak bola Jerman memang sulit untuk dibantah. Mereka telah memenangkan 17 trofi nasional dalam delapan musim terakhir. Sejak 2012, Die Roten telah memenangkan Bundesliga delapan kali berturut-turut, lima kali memenangkan trofi DFB-Pokal, dan memenangkan empat gelar Piala Super.

Pada tahun 2020, tim asuhan Hansi Flick akan membangun dominasinya dengan rekor legendaris. Robert Lewandowski dan rekan satu timnya menang 23 kali berturut-turut sebelum dijatuhkan TSG Hoffenheim, Minggu (27/9). Bayern juga menjadi tim pertama dalam sejarah yang memenangkan semua pertandingan Liga Champions dalam satu musim.

Namun, meski Bayern meraih hasil buruk di era Hansi Flick, Dortmund masih memiliki peluang 50:50 untuk memenangkan Piala Super. Padahal, final Piala Super adalah ajang di mana Die Roten paling banyak mengalami kekalahan dalam delapan musim terakhir.

Raksasa Bavaria telah lolos ke Piala Super dalam delapan kali terakhir mereka. Namun, mereka hanya menang empat kali. Dari empat kekalahan Piala Super Bayern, tiga dianugerahkan oleh Dortmund.

Pernyataan ini tentunya membuat Die Borussen optimis. Pasukan Lucien Favre akan mengulangi kesuksesan musim lalu saat mereka memenangkan Piala Super di Signal Iduna Park, 2-0 atas Bayern.

Kedua raksasa Jerman itu berusaha bangkit kembali setelah mengalami kekalahan mendadak pekan lalu. Erling Braut Haaland dan rekan satu timnya mengalahkan FC Augsburg 2-0; Bayern mendapat hasil yang lebih mengejutkan dengan mengalahkan Hoffenheim 4-1.

Faktor kelelahan disorot dalam kekalahan kejutan. Pasalnya, Thomas Muller dan rekan satu timnya baru bertugas di Hoffenheim hanya dua hari setelah mengalahkan Sevilla di final Piala Super UEFA.

Namun, kelelahan bukanlah faktor utama kekalahan 4-1 Bayern. Di laga ini, Hoffenheim menghukum barisan pertahanan tinggi yang diterapkan Die Roten. Munas Dabbur dan rekan satu timnya dengan lihai menyerang sang juara Bundesliga dengan serangan balik cepat yang didukung oleh press line yang disiplin.

Hal serupa terjadi pada kekalahan Dortmund melawan Augusta. Dua gol dalam gawang Roman Burki datang dari serangkaian gol dan serangan balik. Marco Reus dan rekan-rekannya tidak dapat menanggapi karena pertahanan kokoh tuan tanah diblokir.

Bayern dan Dortmund sebenarnya adalah tim yang biasanya menggunakan garis pertahanan tinggi. Meski rentan terhadap serangan balik, skema tersebut telah membantu mereka menjadi tim terbaik di Bundesliga dalam beberapa musim terakhir.

Kedua tim juga menunjukkan kekuatan ofensif di awal musim. Bayern dan Dortmund tercatat sebagai tim yang selama ini rajin menyerang Bundesliga.

Menurut data StatsBomb (via fbref), Bayern telah membuat 62 tembakan teratas, 12 tembakan akurat dan sembilan gol dalam dua pertandingan Bundesliga. Die Roten membuat bola mengalir deras ke arah pertahanan lawan, menyalip tim Bundesliga lainnya dengan 130 operan progresif, 102 operan ke sepertiga terakhir, 35 operan ke area penalti dan 11 umpan silang ke area penalti.

Dortmund, sementara itu, telah membuat 45 tembakan teratas, sembilan tembakan beruntun, dan tiga gol sejauh ini. Secara statistik, kiprah Dortmund menuju pertahanan lawan berada di urutan kedua klasemen Bundesliga, setelah Bayern. Dortmund membuat 129 operan progresif, 93 operan ke sepertiga terakhir, 26 operan ke area penalti dan lima operan silang ke area penalti.

Jika melihat statistik di atas, kecuali Lucien Favre memilih untuk beradaptasi dengan taktik Bayern, pertarungan terbuka antara kedua raksasa ini berpotensi menciptakan banyak peluang. Bayern dan Dortmund sendiri adalah tim yang suka mendominasi setiap serangan, rata-rata menguasai 67,5% dan 64% kepemilikan di Bundesliga sejauh ini.

Sebelum pertandingan, duel individu juga berlangsung seru. Bagi Die Borussen, Robert Lewandowski jelas merupakan ancaman serius. Menjadi top skorer Bundesliga selama tiga musim berturut-turut menunjukkan kualitas Lewandowski. Striker Polandia juga menjadi favorit Ballon d’Or, tersingkir tahun ini.

Matts Hummels diharapkan ditugaskan oleh Favre ke pengurus Lewandowski. Hummels sendiri mengenal striker itu dengan sepenuh hati, menghabiskan tujuh tahun sebagai rekan setim di Dortmund dan Bayern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *