Updated : Aug 07, 2020 in Lifestyle

Earphone Vyatta Airboom Prime, Bass-nya Bikin ‘Nyaman’

Dimulai dengan Apple AirPods, sekarang diperlukan True Wireless Stereo atau TWS earphone. Betapa tidak, earphone TWS menawarkan keleluasaan untuk mendengarkan audio tanpa diganggu oleh kabel yang benar-benar membuat pengguna leluasa bergerak.

Jangan salah, sekarang ada banyak earphone TWS murah berkualitas tinggi di pasaran, salah satunya adalah Vyatta Airboom Prime, yang mulai dibicarakan. Dengan harga sekitar Rp 200 ribu, headset TWS Vyatta Airboom Prime menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin membeli earphone stereo nirkabel asli dengan harga minimal.

Untuk membantu Anda mengetahui kualitas dan detail Vyatta Airboom Prime, berikut kami berikan ulasannya.

Penutup case dan headset Airboom Prime

Vyatta Airboom Prime hadir dalam casing berbentuk kapsul dengan tutup hitam transparan yang berlogo VYATTA. Casingnya terbuat dari plastik ABS bertekstur dan memiliki tampilan yang umum, di bagian depan terdapat 4 lampu indikator baterai yang tertinggal di casing yang akan berkedip saat Anda mengisi ulang. Bagian belakang casing memiliki 1 soket micro USB untuk mengisi daya baterai casing.

Saat penutup casing terbuka, Anda akan menemukan 1 tombol di antara 2 lubang earphone. Fungsi tombol ini adalah untuk mengaktifkan mode pemasangan yang lebih cepat antara 2 earphone kiri dan kanan.

Masuk ke desain headset, Vyatta Airboom Prime memiliki keunikan tersendiri dalam menentukan bentuk headsetnya, siluetnya sekilas mirip telur yang tidak lonjong tapi tidak bulat. Berdasarkan pengamatan saya yang sederhana, hasil desain headset ini menyebabkan ‘pemegang’ headset menjadi kurang akurat ketika diletakkan di dalam casing, sehingga bisa bergoyang ketika disentuh oleh jari. Tidak terlalu menjadi masalah, karena casing Airboom Prime sudah memiliki penutup, sehingga 2 earphone bisa masuk ke dalamnya tanpa takut jatuh dan hilang. Paket retail Vyatta Airboom Prime termasuk 3 pasang earphone cadangan dan 1 kabel Micro USB untuk mengisi ulang baterai casing.

Pengoperasian dasar Airboom Prime

Kedua headset Vyatta Airboom Prime memiliki logo “V” yang dilengkapi dengan sepasang lampu depan. Lampu ini akan berkedip merah-biru saat mencari perangkat untuk dipasangkan dan berkedip biru saat pemasangan berhasil.

Ini subjektif, tapi saya merasa tidak nyaman dengan bentuk “tubuh” dari earphone berbentuk telur, karena earphone tidak hanya lebar dan tebal, jadi saat dipasang di daun telinga, saya merasa sulit untuk mengatur tata letak yang nyaman. Meskipun menurut saya headset memiliki posisi yang baik di telinga, Airboom Prime tidak tahan lama untuk “duduk” dan mudah keluar. Ini karena ketebalan bodi earphone yang menurut saya berlebihan dibandingkan earphone TWS lainnya.

Headset Vyatta Airboom Prime memiliki tombol sentuh dengan konfigurasi pasangan standar, yaitu klik dan tahan untuk menghidupkan / mematikan headset, satu klik untuk memulai / paleemusic, dan ini sedikit berbeda dengan headset TWS lainnya yaitu klik dua kali. untuk melakukan panggilan ke nomor kontak terakhir, di mana saya biasanya menemukan konfigurasi klik dua kali pada headset TWS lain yang digunakan untuk mengaktifkan asisten virtual (Siri, Cortana, Asisten Google).

Kualitas suara Airboom Prime

Seperti yang Anda baca di judul ulasan, Vyatta Airboom Prime memiliki sifat sonik yang dominan pada frekuensi rendah atau rendah. Ketika saya pertama kali mencobanya, saya bisa menebak secara subyektif bahwa Vyatta Airboom Prime hanya cocok untuk mendengarkan podcast dalam obrolan, karena dapat membuat suaranya lebih berat dan tidak memotong frekuensi tinggi atau treble.

Namun, ini adalah masalah besar saat menggunakan earphone Vyatta Airboom Prime untuk mendengarkan musik. Memang, bassnya kuat dan dominan, tetapi saya menemukan banyak detail instrumen yang hilang di segmen frekuensi menengah dan tinggi, di mana frekuensi menengah 2 dan tinggi ini sangat penting dalam memberikan detail instrumen pada musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *