Updated : Sep 24, 2020 in Lifestyle

Batik Tiga Negeri

Kompleksitas pembuatan sehelai batik tulis saja tidak cukup jika kita mengetahui cerita dari ketiga motif batik negara. Motif batik Tiga Negeri merupakan perpaduan antara batik Lasem, Pekalongan dan Solo. Selama era kolonial ketiga, provinsi-provinsi ini memiliki otonominya sendiri dan disebut negara bagian. Mungkin jika kombinasi motif unik tiap daerah masih biasa dan biasa saja, namun yang membuat batik ini memiliki nilai seni yang tinggi adalah pengerjaannya. Menurut para pembuat batik pria, air di setiap daerah dikatakan memiliki pengaruh yang besar terhadap pewarnaan, hal ini masuk akal karena kandungan mineral airtanah berbeda-beda tergantung lokasi geografis.

Karenanya, batik tradisional ini diproduksi di setiap daerah. Pertama, kain batik ini dibuat di Lasem dengan warna khusus merah, seperti merah darah, setelah itu kain batik dibawa ke Pekalongan dan warna batik biru, dan terakhir kain diwarnai dengan warna sogan coklat khas Solo.

Karena sarana transportasi pada masa itu belum sebaik saat ini, Batik Tiga Negeri bisa dikatakan sebagai salah satu karya batik. Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik beserta motifnya merupakan gabungan dari 3 daerah atau negara yaitu: Lasem, Pekalongan dan Solo; oleh karena itu disebut Batik Tiga Negeri.

Batik Tiga Negeri buatan Lasem pasti berisi ragam hias khas Lasem pada potongan kain. Batik lasem umumnya difinishing warna mengkudu merah dan dasar kuning halus.

Pada dasarnya batik corak lasem ini merupakan corak batik yang mempunyai 3 pengaruh pokok pada corak dan coraknya yaitu:

  1. Pengaruh budaya Cina, seperti bentuk burung phoenix. Ini mungkin karena pengusaha batik keturunan Tionghoa (Tionghoa).
  2. Pengaruh corak batik Jawa Tengah (Sala-Yogya) yang merupakan sentra seni batik yang pada awalnya memiliki nilai filosofis, seperti kawung.
  3. Pengaruh rasa dari pantai utara jawa yaitu penggunaan warna-warna cerah seperti merah, biru, kuning dan hijau disamping warna coklat soga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *