Updated : Jan 13, 2020 in Wisata

Taman Sari Goa Sunyaragi, Wisata Heritage Kota Cirebon

Kota Cirebon, yang terkenal dengan julukan kota Wali, yang memiliki kraton yang berbeda, yaitu rumah mewah untuk disewakan dan istana Kanoman, menjadikan Cirebon sebuah kota yang menarik untuk wisata warisan budaya. Wisata warisan adalah tur yang menawarkan pelajaran tentang bangunan-bangunan tua dengan nilai-nilai, budaya dan kisah-kisah sejarah yang dapat diteruskan kepada anak-anak dan cucu. Taman Sari Goa Sunyaragi adalah salah satu perjalanan cagar budaya yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke kota Cirebon.

Taman Sari Goa Sunyaragi adalah kompleks bangunan gua dari Kesultanan Cirebon. Sunyaragi berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari “Sunya” yang berarti tenang dan “ragi” yang berarti tubuh. Alkisah ada Taman Sari Goa Sunyaragi sebagai tempat peristirahatan bagi Sultan. Lokasi kompleks Taman Sari Goa Sunyaragi terletak di Kelurahan Sunyaragi Kec. Kesambi, Kota Cirebon. Akses ke lokasi sangat mudah karena terletak di sebelah jalan utama. Goa Sunyaragi buka setiap hari dari. 8 malam – 5:30 sore. Biaya masuk untuk kompleks Taman Sari Goa Sunyaragi sangat terjangkau, yaitu Rp. 10.000, – Untuk parkir sepeda motor adalah harga Rp. 2.000 dan mobil seharga Rp. 5000

Tempat wisata di Taman Sari Goa Sunyaragi adalah wisata cagar budaya dan wisata edukasi untuk siswa dan wisatawan yang tertarik dengan sejarah. Karena bentuk unik bangunan Goa Sunyaragi, banyak pengunjung juga datang untuk mengambil pemotretan prudish. Taman Wisata Goa Sunyaragi juga menawarkan tempat wisata selama Malam Tahun Baru atau pertunjukan lainnya.

Luas Taman Wisata Goa Sunyaragi adalah sekitar 15 hektar dan terdiri dari bangunan gua dan taman. Bangunan Sunyaragi Goa terdiri dari 12 kamar dengan nama sendiri, yaitu Bangsal Jinem, Gua Pandekemasang, Gua Pengawal, Gua Panjang, Gua Padang Ati, Gua Peteng, Gua Arga Jumud, Gua Pawon, Gua Lawa, Gua Kelanggengan, Gua Semayang dan kompleks manusia gua. Setiap bangunan memiliki karakteristik dan aplikasinya sendiri. Yang paling terkenal adalah, misalnya, Goa Peteng yang digunakan untuk melatih kekebalan dan Goa Padang ati, yang berfungsi sebagai tempat meditasi. Di Goa Sunyaragi ada patung batu bernama Virgin Sunti, yang merupakan mitos yang sangat terkenal dimana pengunjung yang datang ke Goa Sunyaragi masih lajang dan memegang batu, diyakini bahwa akan sulit untuk menemukan pasangan. Jika pengunjung secara tidak sengaja menyentuh patung itu, ada penangkal mitos bahwa pengunjung harus memasuki Gua Keberlanjutan karena diyakini bahwa ini melanggengkan sesuatu, termasuk belahan jiwa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *