Updated : Feb 20, 2020 in Kesehatan

Rekomendasi Obat Tipes Alami yang Mujarab dan Penyebabnya

Tipes atau demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh salmonella thypi. Bakteri yang biasa ditemukan pada makanan maupun air dan ditularkan jika terinfeksi dari penderita lainnya. Gejala yang dirasakan adalah batuk kering, nyeri otot, lemah, ruam, perut bengkak, sakit perut, hilangnya nafsu makan, batuk kering dan demam. Jika tidak mendapatkan obat tipes maka penderita akan berbaring secara lemah dan mudah mengalami mengigau.

Berikut adalah beberapa obat alami untuk tipes diantaranya:

  • Oralit, yang merupakan larutan gula garam untuk mengatasi diare sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi karena banyaknya cairan tubuh keluar.
  • Cuka apel, bahan alami yang memiliki sifat antibakteri untuk dapat mengatasi masalah tifoid sehingga dapat menurunkan demam maupun mengganti mineral untuk menghilangkan diare.
  • Bawang putih, yang memiliki kandungan antibakerti untuk menyembuhkan tipes dan memiliki antioksidan tinggi serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mempercepat pemulihan.
  • Cengkeh, yang merupakan rempah pedas untuk memiliki sifat antibakteri sehingga mengatasi muntah maupun diare.
  • Daun basil, sebagai antibakteri dan antibiotik alami dan mampu menurunkan demam pada tubuh dan meningkat sistem imun tubuh.
  • Pisang, dengan kandungan pektin sebagai pengental dalam usus sehingga dapat mengatasi penyakit diare, memiliki kalium untuk mengganti elektrolit.
  • Jeruk, memiliki vitamin C dan mineral untuk dapat meningkatkan sistem imun dan membantu tubuh yang sedang terdehidrasi.

Selain itu, perlu mengonsumsi delima yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi serta mampu meningkatkan energi. Madu yang memiliki antibakerti untuk dapat melawan salmonella typhi dan pemberian madu oral menjadi pendamping pada penyakit tipes untuk dipulihkan lebih cepat. Sebaiknya mengonsumsi air mineral untuk dapat membantu tubuh terus lebih baik. Untuk makanan dapat mengonsumsi sup sayur dengan kandungan rendah serat akan diantaranya kacang panjang, wortel, bayam dan buncis sebaiknya tidak memasukkan jagung.

Dapat juga mengonsumsi nasi tim karbohidrat dan protein untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memberikan tambahan energi. Nasi tim akan membantu pemulihan dan makanan ini akan mudah dicerna. Konsumsi sup vitamin yang terdiri atas buah pepaya, jeruk, melon, alpukat, buah naga tanpa dicampurkan dengan es sehingga suhu tubuh penderita tetap stabil dan membantu rasa segar lebih terasa di mulut. Mengonsumsi pudding buah yang terasa tekstur lembutnya dan manis dengan mencampurkannya dengan potongan buah segar untuk memberikan rasa yang lebih enak.

Berikut adalah hal yang menyebabkan penyakit tipes diantaranya:

  • Sering jajan sembarangan terutama anak kecil yang memberikan demam tifoid dengan daya tahan tubuh tidak sekuat pada tubuh orang dewasa terutama makanan yang tidak menjaga kebersihan makanan.
  • Mengonsumsi air minum kotor yang menyebabkan air tercemar terutama es batu untuk minuman yang memberikan penyebab tipes.
  • Menggunakan toilet yang sudah terinfeksi dengan tinja, jika toilet yang digunakan tidak dibersihkan dan tiba-tiba terinfeksi maka sebaiknya menjaga diri dan menggunakan toilet.

Untuk mencegah penyakit tipes adalah vaksin tifoid diatas usia 2 tahun dan diulang untuk 3 tahun sekali. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir ketika menyiapkan makanan maupun menurunkan resiko infeksi tifoid. Sebaiknya penderita menghindari untuk minum air mentah karena bakteri yang masuk dan minuman yang tidak diolah membawa banyak penyakit. Hindari mengonsumsi sayuran maupun buah mentah yang memiliki potensi bakteri terutama untuk jika kulitnya tidak dikupas terlebih dahulu. Untuk obat tipes dapat mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri maupun virus penyebab sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *